Cara Simpel Buat Kue Pukis Empuk dan Lembut Di Rumah – Ragam kue basah tradisional khas Indonesia memang sangat beragam dan mudah untuk ditemukan di jajanan pasar atau pedagang kaki lima yang menjajakannya ke daerah-daerah sekitar perumahan. Kue basah tradisional khas Indonesia memang menjadi camilan kegemaran masyarakat Indonesia, sebab teksturnya yang lembut membuat kue basah tradisional khas Indonesia dapat dinikmati oleh anak-anak hingga orang tua. Salah satu jenis kue basah tradisional adalah kue pukis, mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan kue basah yang ditemukan dari pedagang kaki lima yang menjajakan kue pukis ke daerah-daerah sekitar perumahan. Kue ini terbuat dari adonan telur, gula pasir, tepung terigu, ragi dan santan, yang kemudian dituang ke dalam cetakan serta dipanggang. Kue pukis ini memiliki variasi rasa, seperti diberi taburan coklat butir, keju, irisan daging atau kacang.

Kue ini sangat populer di beberapa wilayah di Indonesia, bahkan banyak varian bahan lainnya yang dibuat menjadi kue pukis, seperti tape dan kentang. Kue pukis ini memiliki bentuk dan warna yang khas, yakni bagian atas berwarna kuning dan bagian bawah berwarna kecoklatan, namun tidak jarang juga bagian atas kue pukis berwarna hijau karena tambahan daun pandan atau pewarna makanan ke dalam adonan. Karena mudah ditemukan di penjual kaki lima atau toko kue, kue pukis ini juga tidak jarang disajikan dalam pesta-pesta adat atau acara lainnya.

resep-kue-pukis.jpg

Namun sangat disayangkan, seiring dengan perkembangan zaman kini mulai muncul berbagai kue modern, sehingga keberadaan kue pukis ini sudah sangat jarang, dan hanya ditemukan di beberapa wilayah pesisiran atau pedesaan yang masih jarang mengkonsumsi berbagai jenis kue modern seperti saat ini. Jika anda rindu dengan kue pukis dan ingin menikmatinya kapan saja saat anda inginkan, anda tidak perlu khawatir untuk bingung mencari kue pukis ini sebab anda juga dapat membuatnya sendiri dirumah. Jika anda penasaran namun bingung dengan resep dan Cara Buat Kue Pukis, anda tidak perlu khawatir sebab di bawah ini Catatanresep akan membantu anda membuat kue pukis keju lezat dengan langkah yang mudah, seperti berikut:

RESEP KUE PUKIS KEJU

BAHAN :

  • 250 gr tepung terigu, ayak
  • 4 butir telur
  • 250 gr gula pasir
  • 1 sdt ragi instant
  • 50 gr keju, parut
  • 300 ml santan dari setengah buah kelapa
  • 3 sdm margarin, untuk olesan

CARA MEMBUAT KUE PUKIS KEJU :

  1. Campurkan tepung terigu dengan ragi instan, lalu aduk hingga merata. Sisihkan.
  2. Siapkan wadah atau baskom, lalu masukkan telur dan gula. Kocok hingga mengental dan mengembang.
  3. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Tuang santan lalu aduk adonan hingga merata. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit.
  4. Siapkan cetakan kue pukis yang telah dipanaskan terlebih dahulu dan diberi olesan margarin pada permukaan cetakan.
  5. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga 3/4 bagian. Setelah bagian sisi agak mengeras, taburi keju lalu tunggu hingga matang merata.
  6. Angkat dan sajikan selagi hangat.
  7. Anda dapat menghias piring saji dengan potongan buah stroberi atau yang lainnya agar menambah kesan tampilan yang cantik pada kue pukis buatan anda. Selain menggunakan taburan keju, anda juga dapat memberikan taburan meses, bahkan menambahkan beberapa tetes pewarna makanan warna hijau atau daun pandan ke dalam adonan.

Cara Buat Kue Pukis yang tertera seperti diatas sangat mudah untuk dipraktekkan sendiri dirumah, sehingga anda dapat menikmati kue pukis kapan saja saat anda inginkan. Sekian ulasan mengenai Cara Membuat Kue Pukis Keju Lezat, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan memasak anda semua.