Resep Cara Buat Kue Cucur Super Enak Yang Mulai Langkah – Ragam kue basah tradisional khas Indonesia tahun 90-an memang sangat beragam dan sering disajikan dibeberapa acara pesta adat atau pesta lainnya. Namun sedih rasanya dengan seiring perkembangan zaman, kini keberadaan beberapa kue basah tradisional sudah mulai jarang untuk ditemukan di beberapa penjual kaki lima bahkan toko kue, sebab telah hadir beberapa jenis kue modern dengan tampilan yang lebih menarik dan sangat mudah ditemukan di minimarket, swalayan hingga beberapa kios. Padahal dari beberapa jenis kue modern tidak jarang yang menggunakan bahan pengawet, yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering dapat merusak kesehatan tubuh manusia. Sementara itu, beberapa jenis kue basah tradisional hanya ditemukan di beberapa wilayah pedesaan atau pelesiran, salah satunya adalah kue cucur.

Cicipi Juga: Resep Kue Kue Cucur Jajanan Tahun 90-an

Mungkin anda sudah tidak asing dengan kue tradisional yang terbuat dari tepung terigu, tepung beras dan gula merah ini, yang dimasak dengan cara digoreng dan penampilan berbentuk bulat dengan cembung pada bagian tengahnya. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis membuat kue cucur banyak digemari oleh masyarakat Indonesia dan seringkali disajikan di beberapa pesta adat atau acara lainnya. Namun kini sangat disayangkan, karena kue cucur sudah semakin jarang ditemukan di beberapa tempat, adapun di beberapa wilayah pedesaan atau pelesiran.

Resep  Membuat Kue Cucur

Rasa manis yang dihasilkan ole kue ini asli terbuat dari gula merah atau gula Jawa, tanpa pewarna atau pemanis buatan sehingga aman untuk dikonsumsi. Jika anda rindu dengan kue basah tradisional ini, anda juga bisa membuatnya sendiri dirumah sehingga tidak perlu bingung untuk mencari kue cucur di toko kue atau penjual kaki lima. Untuk anda yang penasaran dengan Cara Buat Kue Cucur dan bahan apa saja yang diperlukan, anda tidak perlu khawatir, sebab di bawah ini Catatanresep akan membantu anda membuat kue cucur manis khas Indonesia sendiri dirumah dengan langkah yang sederhana, seperti berikut:

RESEP KUE CUCUR GULA MERAH

BAHAN :

  • 70 gr tepung terigu
  • 175 gr tepung beras
  • 300 ml air
  • 175 gr gula merah
  • 3 lembar daun pandan
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng

CARA MEMBUAT KUE CUCUR :

  1. Rebus air bersama gula merah dan daun pandan sambil diaduk-aduk hingga gula melarut.
  2. Setelah gula larut, saring hasil rebusan dan biarkan tetap hangat.
  3. Siapkan wadah baskom lalu campurkan tepung beras, tepung terigu dan garam, lalu aduk hingga mencampur rata. Tuang larutan gula sedikit demi sedikit sambil diaduk dan dikeplok-keplok hingga larutan gula habis. Diamkan adonan selama kurang lebih 35 menit.
  4. Siapkan wajan dan panaskan minyak, lalu masukkan adonan kue cucur ke dalam wajan. Goreng adonan dengan cara disiram menggunakan minyak panas hingga adonan yang digoreng membentuk serat-serat pada permukaannya. Tusuk bagian tengah adonan dengan menggunakan lidi yang bersih, lalu putar adonan dan balik beberapa saat hingga matang merat.
  5. Angkat dan tiriskan diatas tissue agar minyak dapat menyerap.
  6. Kue cucur paling nikmat jika dikonsumsi selagi hangat bersama kopi, teh hangat atau susu hangat, sesuai dengan selera masing-masing.

Baca Juga: Aneka Resep Kue Kering Dan Kue Basah

Dengan Cara Buat Kue Cucur yang tertera seperti diatas anda tetap dapat melestarikan kue tradisional yang kini telah jarang ditemukan, dan dapat menikmati kue cucur kapan saja saat anda inginkan. Sekian ulasan mengenai resep membuat kue cucur yang mulai langkah asli Khas Indonesia, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan memasak anda semua.